Silabus Matematika Karakter

Mau yang lengkap..?????? 089977100***

SILABUS

NAMA SEKOLAH                   :   SMK SANTANA 1

MATA PELAJARAN                :   MATEMATIKA

KELAS/SEMESTER                   :   X/1

STANDAR KOMPETENSI      :   Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan riil

ALOKASI WAKTU                  :   26 x 40 menit

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi

Kegiatan Pembelajaan

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Karakter yang diharapkan

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

1.            Menerapkan operasi pada bilangan riil
  • § Dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur
  • § Dua atau lebih bilangan pecahan, dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur
  • § Bilangan pecahan dikonversi ke bentuk persen, atau pecahan desimal, sesuai prosedur
  • § Konsep perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen digunakan dalam pe-nyelesaian masalah program keahlian
  • § Sistem bilangan riil
  • § Operasi pada bilangan bulat
  • § Operasi pada bilangan pecahan
  • § Konversi bilangan
  • § Perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen
  • § Penerapan bilangan riil dalam menyelesaikan masalah program keahlian
 
  • § Membedakan macam-macam bilangan riil
  • § Menghitung operasi dua atau lebih bilangan bulat sesuai dengan prosedur
  • § Menghitung operasi dua atau lebih bilangan pecahan sesuai dengan prosedur
  • § Melakukan konversi pecahan ke bentuk persen, pecahan desimal, atau persen dan sebaliknya
  • § Menjelaskan perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen
  • § Menghitung perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen
  • § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan operasi bilangan riil
Tes Tertulis Tes Uraian
  1. Jarak Garut – Bandung ditempuh dengan sepeda motor selama 2 jam dengan kecepatan 60 km/ jam. Jika jarak tersebut ingin ditempuh dalam waktu 1 jam berapa km/ jam kecepatan rata-rata sepeda motor tersebut !
  2. Ubahlah ke bentuk persen dari 2/5

 

10 x 40’ menit Buku Paket, Internet , referensi lain yang relevan
  1. Religius
  2. Disiplin
  3. Tekun
  4. Tanggungjawab
  5. Ketelitian
  6. Kerja sama
  7. Toleransi
  8. Percaya Diri
  9. Keberanian
2.            Menerapkan operasi pada bilangan ber-pangkat
  • § Bilangan berpangkat dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya.
  • § Bilangan berpangkat disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bilangan berpangkat
  • § Konsep bilangan berpangkat diterapkan dalam penyelesaian masalah.
  • § Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
  • § Operasi pada bilangan ber-pangkat
  • § Penyederhanaan bilangan berpangkat
 

 

 

 

 

  • § Menjelaskan konsep dan sifat-sifat bilangan berpangkat

 

  • § Melakukan perhitungan operasi bilangan berpangkat dengan menggunakan sifat-sifatnya
  • § Menyederhanakan bilangan berpangkat
  • § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan bilangan berpangkat
Tes Tertulis Tes Uraian   6 x 40’ menit Buku Paket, Internet , referensi lain yang relevan 1. Religius

  1. Disiplin
  2. Tekun
  3. Tanggungjawab
  4. Ketelitian
  5. Kerja sama
  6. Toleransi
  7. Percaya Diri
  8. Keberanian
3.           Menerapkan operasi pada bilangan irasional
  • § Bilangan bentuk akar dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya.
  • § Bilangan bentuk akar disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bentuk akar
  • § Konsep bilangan irasional diterapkan dalam penyelesaian masalah.
  • § Konsep bilangan irasional
  • § Operasi pada bilangan bentuk akar
  • § Penyederhanaan bilangan bentuk akar
  • § Bentuk akar digunakan untuk :
–    Perhitungan konversi ukuran
  • § Mengklasifikasi bilangan riil ke bentuk akar dan bukan bentuk akar.
  • § Menjelaskan konsep dan sifat-sifat bilangan irasional
  • § Melakukan operasi bilangan irasional
  • § Menyederhanakan bilangan irasional
  • § Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan irasional
Tes Tertulis Tes Uraian 1.Selesaikan

 

2.

 

4 x 40’ menit Buku Paket, Internet , referensi lain yang relevan
  1. Religius
    1. Disiplin
    2. Tekun
    3. Tanggungjawab
    4. Ketelitian
    5. Kerja sama
    6. Toleransi
    7. Percaya Diri
    8. Keberanian
4.           Menerapkan konsep logaritma
  • § Operasi logaritma diselesaikan sesuai dengan sifat-sifatnya.
  • § Soal-soal logaritma diselesaikan dengan menggunakan tabel dan tanpa tabel
  • § Permasalahan program keahlian diselesaikan dengan menggunakan logaritma
  • § Konsep logaritma
  • § Operasi pada logaritma
 

 

 

  • § Menjelaskan konsep logaritma
  • § Menjelaskan sifat-sifat logaritma
  • § Menggunakan tabel logaritma
  • § Melakukan operasi logaritma dengan sifat-sifat logaritma
  • § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan logaritma

 

 

 

 

Tes Tertulis Tes Uraian
  1. 2log5+2log16-2log10
6 x 40’ menit Buku Paket, Internet , referensi lain yang relevan
  1. Religius
  2. Disiplin
  3. Tekun
  4. Tanggungjawab
  5. Ketelitian
  6. Kerja sama
  7. Toleransi
  8. Percaya Diri
  9. Keberanian

Mangga Bilih Bade Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: