Makalah Belajar dan Pembelajaran

Pembelajaran  merupakan sebuah proses menuju  tercapainya tujuan pendidikan. Dalam hal ini,  proses pembelajaran sangatlah menentukan hendak kemana anak didik itu akan dibawa. Berbagai macam model pembelajaranpun dilaksanakan untuk meraih tujuan yang ideal. Karena proses pembelajaran merupakan bagian yang integral dari pendidikan.

Dalam konteksnya dengan teori belajar dan pembelajaran yang diintegrasikan kedalam pendidikan Islam, beberapa teori belajar dan pembelajaran ditawarkan untuk bisa diterapkan. Diantara teori belajar  pembelajaran tersebut adalah teori behavioristik dan kognitivistik. Teori ini membuat suatu gambaran dari miniature problematika kehidupan yang akan dihadapi oleh peserta didik dan guru sebagai pengajar. Berangkat dari sebuah pengalaman yang dimainkan dan dilakukan oleh para ahli pembelajaran, menggambarkan tentang berbagai kegiatan dan aktifitas kehidupan sehari-hari, baik dalam hubungannya dengan ibadah, maupun dalam kaitannnya dengan muamalah.

Akan menjadi sebuah kesulitan bagi guru apabila kurang memahami teori pembelajaran proses belajar mengajar yang dilakukan tidak sesuai dengan harapan. Disinilah sejatinya peran seorang pendidik untuk memilih peran-peran penting yang sekiranya akan ketika mengajar didepan peserta didik. Secara umum kita bisa memahami teori apa yang akan kita gunakan apabila sebagai guru yang mengajarkan tentang Pendidikan Agama Islam untuk menerapkan teori tersebut ,Maka dalam makalah ini akan dibahas tentang berbagai teori pembelajaran baik itu dari teori barat maupun teori dari ahli-ahli Muslim.

Lalu yang menjadi realita dilapangan bahwa pendidik belum banyak memahami dan mendalami teori-teori belajar yang sesuai dan dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar terutama pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam.

Beranjak dari beberapa permasalahan diatas, maka penulis dalam kesempatan ini mengemukakan dua poin rumusan masalah sebagai berikut .

Masalah yang penulis angkat dalam makalah ini adalah ;

1.      Apakah yang dimaksud dengan teori belajar dan pembelajaran?

2.      Bagaimanakah pendapat para ahli pendidikan terhadap teori belajar dan pembelajaran pendidikan agama Islam ?

Lengkapnya silahkan download : download Makalah Belajar dan Pembelajaran

Perihal marlina2
Saya sedang bekerja di RS Ibu dan Anak Hermina Depok

5 Responses to Makalah Belajar dan Pembelajaran

  1. Eni Mariana mengatakan:

    makasih , makalah anda sangat membantu

  2. Eni Mariana mengatakan:

    makasih , sangat membantu . sekali lagi makasih

  3. wyan mengatakan:

    terima kasih atas makalah nya

Mangga Bilih Bade Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.