Mengenal Kembali Menganalisis Butir Soal

Ehmmmmm………..
Butir soal yang baik akan diperoleh melalui analisis butir soal seperti tingkat kesulitan dan daya pembeda secara teoritik dan empirik. Untuk melakukan hal tersebut diperlukan pengetahuan yang cukup tentang konsep analisis butir soal, baik secara klasik maupun modern.
Analisis soal pada dasarnya terbagi menjadi dua kategori yaitu analisis soal secara kualitatif dan secara kuantitatif. Fokus dalam bab ini adalah membahas Analisis butir soal secara kuantitatif. Analisis butir soal secara kuantitatif menekankan pada analisis karakteristik internal tes melalui data yang diperoleh secara empirik. Karakteristik internal yang dimaksud meliputi parameter butir soal tingkat kesukaran dan daya pembeda soal.
Analisis tingkat kesukaran soal artinya mengkaji soal-soal tes dari tingkat kesulitannya sehingga diperoleh soal-soal mana yang termasuk mudah, sedang dan sukar. Sedangkan analisis daya pembeda artinya mengkaji soal-soal tes dari segi kesanggupan tes tersebut dalam membedakan siswa yang memiliki kemampuan rendah dengan siswa yang memiliki kemampuan tinggi.
Bersambuuuuunggggg……………….

Perihal marlina2
Saya sedang bekerja di RS Ibu dan Anak Hermina Depok

Mangga Bilih Bade Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: