RPP Matematika SMK Karakter

Saya share di sini

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah            : SMK SANTANA 1

Mata Pelajaran          : Matematika

Kelas/ Program          : X/ Teknologi dan Rekayasa

Semester                     : Ganjil

Standar Kompetensi               : Memecahkan Masalah yang Berkaitan dengan Konsep Operasi Bilangan  Riil

Kompetensi Dasar                   : 1. Menerapkan Operasi pada Bilangan Riil

Indikator                                 :

  1. Mengoperasikan dua atau lebih bilangan bulat (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai prosedur.
  2. Mengoperasikan dua atau lebih bilangan pecah (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai prosedur.
  3. Mengkoverasi bilangan pecah kebentuk persen atau pecahan desimal sesuai dengan prosedur.
  4. Konsep perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala dan persen digunakan dalam penyelesaian masalah program keahlian.

Alokasi waktu                         : 12 x 40 menit

 

  1. 1.      Tujuan Pembelajaran

Pertemuan ke-1

  1. Siswa dapat menyebutkan macam – macam bilangan riil.
  2. Siswa dapat membedakan macam – macam bilangan riil.
  3. Siswa dapat menyatakan bilangan riil dengan diagram Venn.

Pertemuan ke-2

  1. Siswa dapat menyatakan sifat – sifat bilangan.
  2. Siswa dapat menyelesaikan operasi pada bilangan bulat.
  3. Siswa dapat menyelesaikan operasi pada bilangan pecah.

Pertemuan ke-3

  1. Siswa dapat mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk desimal atau sebaliknya.
  2. Siswa dapat mengubah bentuk desimal menjadi bentuk persen atau sebaliknya.
  3. Siswa dapat mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk persen atau sebaliknya.

Pertemuan ke-4

  1. Siswa dapat menyelesaikan soal – soal perbandingan (senilai dan berbalik nilai).

Pertemuan ke-5

  1. Siswa dapat menghitung skala perbandingan.

Pertemuan ke-6

  1. Siswa dapat mengaplikasikan persen pada masalah program keahlian.
  2. Siswa dapat menerapkan operasi hitung pada bilangan riil dalam menyelesaikan masalah program keahlian.

 

  1. 2.      Materi Pokok Pembelajaran
  1. Sistem bilangan riil
  2. Operasi bilangan bulat
  3. Operasi bilangan pecah
  4. Konversi bilangan
  5. Perbandingan (senilai dan berbalik nilai), Skala dan persen
  6. Penerapan operasi bilangan riil dalam menyelesaikan masalah program keahlian

 

  1. 3.      Starategi Pembelajaran
    1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif
    2. Metode : Diskusi, Tanya jawab, penemuan dan pemberian tugas
    3. Pendekatan : Tipe NHT, Jigsaww, Group Investigation, konvensional

 

  1. 4.      Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
  1. Pertemuan ke – 1 ( 2 x 40 menit )

Pendahuluan

Waktu

Apersepsi :

  • Pembelajaran diawali dengan ucapan salam (Religi)
  • Berdoa sebelum pelajaran dimulai (religious)
  • Mengkondisikan kelas dengan mengabsen peseta didik (Disiplin)
  • Memberikan Apersepsi dengan mengingatkan kembali peserta didik tentang materi bilangan real yang telah di pelajari waktu smp (Rasa ingin tahu)

Motivasi

  • Momotivasi siswa dengan memberi penjelasan pentingnya mempelajari materi bilangan real (Rasa ingin tahu)
  • Menjelaskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari bayak hal yang berhubungan dengan materi bilangan real (rasa ingin tahu)
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Menyampaikan KKM
  • Menginformasikan model pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu NHT

 

10 menit

Kegiatan Inti

 
Eksplorasi

  1. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai macam-macam bilangan real, membedakan macam bilangan real dan membuatnya dalam diaagran venn (Ketelitian)
  2. Guru mengenali pengetahuan awal yang dimiliki siswa tentang materi yang telah lalu. Contoh : peserta didik memberikan contoh macam bilangan real yang pernah dipelajari di smp (rasa ingin tahu)
  3. Guru mengelompokkan siswa secara acak masing-masing kelompok 3-5 orang (demokratis)
  4. Guru memberikan nomor 1-5 kepada siswa dalam setiap kelompok dan dijadikan identitas kelompok tersebut. (demokratis)

Elaborasi

  1. Tiap kelompok diberikan waktu untuk mempelajari  materi yang telah guru berikan pada tiap kelompok (Tekun, kerjasama, keberanian)
  2. Guru mempersilahkan siswa untuk mengumulkan tugas yang baru saja diberikan guru (ketekukan dan ketelitian)

Konfirmasi

  1. Guru memanggil suatu nomor kelompok dan anggotanya yang harus mempersentasikan hasil kerjasamanya mengenai bilangan real. (percaya diri, keberanian, toleransi)
  2. Guru memberikan tes individu yang harus dikerjakan oleh masing-masing siswa mengenai materi yang telah dipelajari. (percaya diri)
  3. Guru membuat skor perkembangan tiap  siswa.
  4. Guru memberikan penghargaan kelompok (toleransi)

 

60 menit

Penutup

 
  1. Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman materi yang telah dipelajari secara bersama-sama (mandiri, kerja keras, kreatif)
  2. Siswa dan guru melakukan refleksi (mandiri, kerja keras, kreatif)
  3. Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan tugas individu sebagai PR yang harus dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya (mandiri)

 

10 menit

 

  1. Pertemuan 2 ( 2 x 40 menit )

Pendahuluan

Waktu

Apersepsi :

  • Pembelajaran diawali dengan ucapan salam (Religi)
  • Berdoa sebelum pelajaran dimulai (religius)
  • Mengkondisikan kelas dengan mengabsen peseta didik (Disiplin)
  • Membahas PR (Tanggung jawab)
  • Dengan Tanya jawab singkat diminta untuk menyebutkan macam-macam bilangan real (rasa ingin  tahu)

Motivasi

  • Momotivasi siswa dengan member penjelasan pentingnya mempelajari materi bilangan real (rasa ingin tahu)
  • Menjelaskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari bayak hal yang berhubungan dengan materi bilangan real (rasa ingin tahu)
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Menyampaikan KKM
  • Menginformasikan model pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu Jigsaww

 

10 menit

Kegiatan Inti

 
Eksplorasi

  1. Guru mengelompokkan siswa secara acak masing-masing kelompok 3-5 orang (disiplin, demokratis)
  2. Masing-masing kelompok diberikan tugas oleh guru sesuai kelompoknya masing-masing. (kelompok asal, demokratis)

Elaborasi

  1. Guru mempersilahkan perwakilan dari kelompok asal untuk mempersentasikan hasil diskusi , dari kelompok lain menanggapi (tanggung jawab)
  2. Guru membagikan lembar kerja pada tiap kelompok, pada setiap kelompok yang mengerjakan satu soal yang berbeda (cermat)
  3. Siswa yang mengerjakan soal dengan nomor yang sama diminta berkumpul dan membahas soal tersebut (kelompok ahli). (cermat dan ulet)
  4. Kelompok ahli mepersentasikan hasil pengerjaannya (tanggung jawab)

Konfirmasi

  1. Guru menanyakan dan memberikan kesempatan siswa untuk  menyampaikan atau mempersentasikan hasil diskusi kedepan. (percaya diri, kreatif)
  2. Guru memberikan klarifikasi tentang yang dibahas (tanggung jawab)
  3. Diberikan tes individu (percaya diri)
  4. Guru memberikan penghargaan kelompok. (toleransi)
60 menit

Penutup

 
  1. Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman materi yang telah dipelajari secara bersama-sama (mandiri, kerja keras, kreatif)
  2. Siswa dan guru melakukan refleksi (mandiri, kerja keras, kreatif)
  3. Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan tugas individu sebagai PR yang harus dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya (mandiri)

 

10 menit

 

 

  1. Pertemuan ke – 3 ( 2 x 40 menit )

Pendahuluan

Waktu

Apersepsi :

  • Pembelajaran diawali dengan ucapan salam (Religi, sopan santun)
  • Berdoa sebelum pelajaran dimulai (religius)
  • Mengkondisikan kelas dengan mengabsen peseta didik (Disiplin)
  • Membahas PR (Tanggung jawab)
  • Dengan Tanya jawab singkat diminta untuk menyebutkan sifat-sifat bilangan real (rasa ingin  tahu)

Motivasi

  • Momotivasi siswa dengan member penjelasan pentingnya mempelajari materi bilangan real (rasa ingin tahu)
  • Menjelaskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari bayak hal yang berhubungan dengan materi bilangan real (rasa ingin tahu)
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Menyampaikan KKM
  • Menginformasikan model pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu Group investigation

 

10 menit

Kegiatan Inti

 
Eksplorasi

  1. Guru mengelompokkan siswa secara acak masing-masing kelompok 4-5 orang (disiplin, demokratis)
  2. Guru memanggil ketua kelompok masing-masing dan diberi tugas berbeda mengenai merubah pecahan ke persen dan sebaliknya.(toleransi, kreatif)
  3. Membahas tugas yang diberikan (kerjasama, disiplin)

Elaborasi

  1. Guru mempersilahkan perwakilan dari kelompok asal untuk mempersentasikan hasil diskusi , dari kelompok lain menanggapi, guru memberikan kesimpulan (tpercaya diri, kreatif, kritis)
  2. Guru membagikan lembar kerja pada tiap kelompok, (cermat)

Konfirmasi

  1. Guru menanyakan dan memberikan kesempatan siswa untuk  menyampaikan atau mempersentasikan hasil diskusi kedepan. (percaya diri, kreatif)
  2. Guru memberikan klarifikasi tentang yang dibahas (tanggung jawab)
  3. Diberikan tes individu (percaya diri)
  4. Guru memberikan penghargaan kelompok. (toleransi)
60 menit

Penutup

 
  1. Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman materi yang telah dipelajari secara bersama-sama (mandiri, kerja keras, kreatif)
  2. Siswa dan guru melakukan refleksi (mandiri, kerja keras, kreatif)
  3. Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan tugas individu sebagai PR yang harus dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya (mandiri)

 

10 menit

 

  1. Pertemuan 4 ( 2 x 40 menit )

Pendahuluan

Waktu

Apersepsi :

  • Pembelajaran diawali dengan ucapan salam (Religi)
  • Mengkondisikan kelas dengan mengabsen peseta didik (Disiplin)
  • Membahas PR (Tanggung jawab)
  • Dengan Tanya jawab singkat diminta untuk merubah pecahan ke persen dan desimal dan sebaliknya.(rasa ingin  tahu)

Motivasi

  • Momotivasi siswa dengan member penjelasan pentingnya mempelajari materi bilangan real (rasa ingin tahu)
  • Menjelaskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari bayak hal yang berhubungan dengan materi bilangan real (rasa ingin tahu)
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Menyampaikan KKM
  • Menginformasikan model pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu Konvensional

 

10 menit

Kegiatan Inti

 
Eksplorasi

  1. Siswa mempersiapkan bahan ajar yaitu, buku paket dan LKS

Elaborasi

  1. Guru mempersilahkan siswa untuk mempelajari mengenai bahasan perbandingan senilai dan berbalik nilai (rasa ingin tahu, mandiri, kreatif)
  2. Guru mempersilahkan siswa untuk mengeerjakan tugas mengenai yang baru saja di baca (tanggung jawab, kreatif)

Konfirmasi

  1. Guru memberikan materi mengenai perbandingan senilan dan berbalik nilai (tanggung jawab)
  2. Memberikan contoh mengenai materi tersebut (rasa ingin tahu, cermat)
  3. Memberikan soal dan siswa mengerjakan ke depan (percaya diri, cermat)
  4. Memberikan penghargaan kepada siswa yang ke depan (toleransi)
60 menit

Penutup

 
  1. Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman materi yang telah dipelajari secara bersama-sama (mandiri, kerja keras, kreatif)
  2. Siswa dan guru melakukan refleksi (mandiri, kerja keras, kreatif)
  3. Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan tugas individu sebagai PR yang harus dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya (mandiri)

 

10 menit

 

  1. Pertemuan ke – 5 ( 2 x 40 menit )

Pendahuluan

Waktu

Apersepsi :

  • Pembelajaran diawali dengan ucapan salam (Religi)
  • Berdoa sebelum pelajaran dimulai (religius)
  • Mengkondisikan kelas dengan mengabsen peseta didik (Disiplin)
  • Membahas PR (tanggung jawab)
  • Memberikan Apersepsi dengan mengingatkan kembali peserta didik tentang materi skala yang telah di pelajari waktu smp (Rasa ingin tahu)

Motivasi

  • Momotivasi siswa dengan memberi penjelasan pentingnya mempelajari materi bilangan real (Rasa ingin tahu)
  • Menjelaskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari bayak hal yang berhubungan dengan materi bilangan real (rasa ingin tahu)
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Menyampaikan KKM
  • Menginformasikan model pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu NHT

 

10 menit

Kegiatan Inti

 
Eksplorasi

  1. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai skala perbandingan (Ketelitian)
  2. Guru mengenali pengetahuan awal yang dimiliki siswa tentang materi yang telah lalu. Contoh : peserta didik memberikan contoh skala perbandingan yang pernah dipelajari di SMP (rasa ingin tahu)
  3. Guru mengelompokkan siswa secara acak masing-masing kelompok 3-5 orang (demokratis)
  4. Guru memberikan nomor 1-5 kepada siswa dalam setiap kelompok dan dijadikan identitas kelompok tersebut. (demokratis)

Elaborasi

  1. Tiap kelompok diberikan waktu untuk mempelajari  materi yang telah guru berikan pada tiap kelompok (Tekun, kerjasama, keberanian)
  2. Guru mempersilahkan siswa untuk mengumulkan tugas yang baru saja diberikan guru (ketekukan dan ketelitian)

Konfirmasi

  1. Guru memanggil suatu nomor kelompok dan anggotanya yang harus mempersentasikan hasil kerjasamanya mengenai bilangan real. (percaya diri, keberanian, toleransi)
  2. Guru memberikan tes individu yang harus dikerjakan oleh masing-masing siswa mengenai materi yang telah dipelajari. (percaya diri)
  3. Guru membuat skor perkembangan tiap  siswa.
  4. Guru memberikan penghargaan kelompok (toleransi)

 

60 menit

Penutup

 
  1. Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman materi yang telah dipelajari secara bersama-sama (mandiri, kerja keras, kreatif)
  2. Siswa dan guru melakukan refleksi (mandiri, kerja keras, kreatif)
  3. Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan tugas individu sebagai PR yang harus dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya (mandiri)

 

10 menit

 

  1. Pertemuan 6 ( 2 x 40 menit )

Pendahuluan

Waktu

Apersepsi :

  • Pembelajaran diawali dengan ucapan salam (Religi)
  • Berdoa sebelum pelajaran dimulai (religius)
  • Mengkondisikan kelas dengan mengabsen peseta didik (Disiplin)
  • Membahas PR (Tanggung jawab)
  • Dengan Tanya jawab singkat diminta untuk menyebutkan macam-macam bilangan real (rasa ingin  tahu)

Motivasi

  • Momotivasi siswa dengan member penjelasan pentingnya mempelajari materi bilangan real (rasa ingin tahu)
  • Menjelaskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari bayak hal yang berhubungan dengan materi bilangan real (rasa ingin tahu)
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Menyampaikan KKM
  • Menginformasikan model pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu Jigsaww

 

10 menit

Kegiatan Inti

 
Eksplorasi

  1. Guru mengelompokkan siswa secara acak masing-masing kelompok 3-5 orang (disiplin, demokratis)
  2. Masing-masing kelompok diberikan tugas oleh guru sesuai kelompoknya masing-masing engenai bilangan rela dalam kejuruan (kelompok asal, demokratis)

Elaborasi

  1. Guru mempersilahkan perwakilan dari kelompok asal untuk mempersentasikan hasil diskusi , dari kelompok lain menanggapi. Materi mengenai bilangan real dalam kejuruan. (tanggung jawab)
  2. Guru membagikan lembar kerja pada tiap kelompok, pada setiap kelompok yang mengerjakan satu soal yang berbeda (cermat)
  3. Siswa yang mengerjakan soal dengan nomor yang sama diminta berkumpul dan membahas soal tersebut (kelompok ahli). (cermat dan ulet)
  4. Kelompok ahli mepersentasikan hasil pengerjaannya (tanggung jawab)

Konfirmasi

  1. Guru menanyakan dan memberikan kesempatan siswa untuk  menyampaikan atau mempersentasikan hasil diskusi kedepan. (percaya diri, kreatif)
  2. Guru memberikan klarifikasi tentang yang dibahas (tanggung jawab)
  3. Diberikan tes individu (percaya diri)
  4. Guru memberikan penghargaan kelompok. (toleransi)
60 menit

Penutup

 
  1. Siswa dengan bimbingan guru membuat rangkuman materi yang telah dipelajari secara bersama-sama (mandiri, kerja keras, kreatif)
  2. Siswa dan guru melakukan refleksi (mandiri, kerja keras, kreatif)
  3. Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan tugas individu sebagai PR yang harus dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya (mandiri)
10 menit

2. Tugas Terstruktur

Siswa dalam kelompok kecil berdiskusi tentang menyelesaikan soal – soal yanag diberikan guru.

 

3. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur

Diberikan tugas individu mencari materi yang baru dibahas dari internet atau mencari soal – soal UN yang berkaitan dengan materi tersebut kemudian menyelesaikannya/ menjawabnya.

  1. 5.      Media dan Sumber Belajar
    1. Media : Bahan Ajar, Infokus, Laptop
    2. Sumber : Buku Paket Matematika untuk SMK karangan To’Ali, dan Materi dari internet yang relevan.
  2. 6.      Penilaian

Kognitif

  • Jenis Tagihan            : Kuis, pertanyaan lisan, ulangan dan tugas individu
  • Bentuk Instrumen     : Uraian Objektif
  • Instrumen Penilaian  : Terlampir

Afektif

Guru mencatat siswa yang aktif dalam Tanya jawab dan diskusi

 

Garut,     Juli 2011

Pengen Lebih Lengkap..Call Me @rancage

hehehe…

About these ads

Perihal marlina2
Saya sedang bekerja di RS Ibu dan Anak Hermina Depok

11 Responses to RPP Matematika SMK Karakter

  1. Nur Komalasari mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    ibu, saya boleh minta RPP matematika karakter yg u/ TKJ kelas X, XI??? kl boleh tlg kirim ke email “nur_sari14@yahoo.com”…… trimakasih banyak

  2. al zuhrah mengatakan:

    izin copy

  3. irzam mengatakan:

    mohon dikirimkan rpp mat kelas x ke email saya: irzamsyifa@gmail.com. atas bantuannya trm ksh ya

  4. Basuki mengatakan:

    Asslkm,

    Ìbu, Boleh minta tolong kirimkan RPP matematika. SMK kelas XI teknik ke email saya ?

  5. rima mengatakan:

    nu boleh berbagi RPP dan silabus matematika tingkat X SMK teknik.. lw bisa kirim ke lilorinov@gmail.com

  6. nurul mengatakan:

    assalamu alaikum
    sis tolong kirimkan rppx ke nurulkartina58@yahoo.co.id ditunggu yach, makasih sebelumx

  7. cHRIS mengatakan:

    Teh bisa kirim RPP Matematika SMK Karakter ke kita Ya! christianto_pms@yahoo.co.id ,mksh!

  8. Iryani mengatakan:

    Tolong krmkan rpp matematika smk berkarakter keemail saya….
    iryani270@yahoo.co.id

    trimakasih,,,,,,

  9. hank mengatakan:

    aduh sae vsan upami sadayan d brojolkn mah,hehehe,, kmo upami aya link download.a mh,,, kelas 2 smk tek. Gaduh oge???

  10. yani mulyani mengatakan:

    pami aya SILABUS IPA berkarakter,pak. Haturnuhun..

Mangga Bilih Bade Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.