RPP Persamaan Kuadrat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah            : SMA Negeri 3 Garut

Mata Pelajaran          : Matematika

Kelas/ Program         : X/ Umum

Semester                       : Ganjil

Standar Kompetensi : 2.   Memecahkan masalah yang berkaitan dengan  fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.

Kompetensi Dasar : 2.3 Menentukan sifat dan aturan tentang persamaan kuadrat

Indikator : 1.   Menentukan  akar – akar  persamaan  kuadrat   dengan  pemfaktoran , melengkapkan bentuk kuadrat sempurna dan rumus abc.

Alokasi Waktu : 2 × 45 menit (1 × pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menentukan akar – akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran, melengkapkan bentuk kuadrat sempurna dan rumus abc.

B. Materi Ajar

1. Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan faktorisasi

2. Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna

3. Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan rumus abc

C. Metode / Model Pembelajaran

Metode     : Ceramah, Tanya jawab, diskusi kelompok, presentasi

Model       : Pembelajaran langsung dan kooperatif, jigsaww

D. Kegiatan Pembelajaran

1.  Tatap Muka

Langkah – langkah :

Pendahuluan  (10’)

Apersepsi          : Mengingatkan kembali tentang materi persamaan kuadrat pada pelajaran matematika SMP Kelas IX

Motivasi            : Menggali pengetahuan siswa tentang persamaan kuadrat.

Kegiatan Inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi) (60’)

  1. Guru mempersentasikan bahan ajar yang telah disiapkan mengenai cara menentukan akar – akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan, kuadrat sempurna dan rumus abc (Bahan : Buku paket, yaitu buku Matematika SMA kelas X karangan  Drs. C. Suhendar, dkk, buku paket Matematika kelas X karangan Sartono Wirodikromo, LKS Matematika SMA Kelas X Semester 1 ESENSI, Modul Matematika KAPSELMAT SMA 1 karangan Cici Nurul Haq, M.Pd., dan referensi lain dari internet yang relevan.
  2. Siswa secara berkelompok yang terdiri dari 4 orang mendiskusikan tentang, jawaban soal yang diberikan guru dan soal di LKS ESENSI halaman 27.
  3. Perwakilan dari beberapa kelompok mempersentasikan hasil dari diskusinya, dan kelompok lain menanggapinya, kemudian guru bersama siswa menyimpulkan hasil dari diskusi tersebut dan guru memberikan penekanan pada materi tersebut.
  4. Guru memberikan pertanyaan lisan, untuk mengecek  pemahaman siswa

Penutup (10’)

  1. Siswa membuat rangkuman dari materi persamaan kuadrat dan penyelesaiannya
  2. Guru memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran (tugas struktur dan tugas mandiri) dan rencana pembelajaran berikutnya
  3. Soal yang belum terselesaikan pada pertemuan ini, ditugaskan sebagat PR.

2. Tugas Terstruktur

Siswa dalam kelompok kecil berdiskusi tentang menyelesaikan soal – soal dari kartu soal dan pada LKS ESENSI hal 27 dan Pelatihan

3. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur

Diberikan tugas individu mencari materi yang baru dibahas dari internet atau mencari soal – soal UN yang berkaitan dengan materi tersebut kemudian menyelesaikannya/ menjawabnya.

E. Alat dan Sumber Belajar

Alat :

  • Laptop
  • Infokus
  • Kartu Soal

Sumber :

  1. Buku Paket Belajar Efektif Matematika Kelas X karangan Drs. C. Suhendar, dkk
  2. Buku Paket Matematika kelas X karangan Sartono Wirodikromo
  3. LKS ESENSI Kelas X Semester 1
  4. Modul KAPSELMAT SMA 1 Karangan Cici Nuruh Haq, M.Pd.
  5. Materi dari internet yang relevan.

F. Penilaian

Kognitif

  • Jenis Tagihan            : Kuis, pertanyaan lisan, ulangan dan tugas individu
  • Bentuk Instrumen     : Uraian Objektif
  • Instrumen Penilaian  : Terlampir

Afektif

Guru mencatat siswa yang aktif dalam Tanya jawab dan diskusi

Untuk Lebih lengkap silahkan DOWNLOAD tulisan dibawah ini..!!

About these ads

Perihal marlina2
Saya sedang bekerja di RS Ibu dan Anak Hermina Depok

One Response to RPP Persamaan Kuadrat

  1. Helena Cherry mengatakan:

    2. Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna!

Mangga Bilih Bade Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.